31 Mar 2011

Tokoh Ratu Peironela Dari Aragon

Peironela dari Aragon (lahir di Huesca, 29 Juni 1136 – meninggal di Barcelona, 15 Oktober 1173 pada umur 37 tahun) yang namanya juga dieja Peyronela atau Payronella dan Peronel·la, adalah Ratu yang memimpin Aragon dari tahun 1137 sampai tahun 1164. Ia adalah putri dan penerus Remiro II dengan Agnès dari Aquitania. Dari pernikahannya, ia juga dinobatkan menjadi seorang adipati Barcelona.

Peironela mewarisi tahta lewat kenyataan khusus. Ayahnya, Remiro, adalah Uskup Agung Barbastro-Roda ketika abangnya, Alifonso I, wafat tanpa penerus tahtanya di tahun 1134, dan meninggalkan mahkota kepada 3 ordo militer keagamaan. Namun, para bangsawan Aragon memberikan tahta kepada Remiro. Sebagai raja, ia menerima dispensasi kepausan untuk mengabdi dari sumpah biaranya untuk melindungi pewaris tahta. Raja Remiro sang Biarawan diketahui menikahi Agnès, puterinda Guillaume IX dari Aquitania dan Gascon, dan ia dikaruniakan seorang pewaris tahta, Peironela. Ketika berusia kurang lebih setahun, Peironela menikah di Barbastro pada tanggal 11 Agustus 1137 dengan Ramon Berenguer IV, Adipati Barcelona. Segera setelah itu, Remiro mengabdi atas bantuan Peironela dan Ramon Berenguer dan kembali ke kehidupannya sebagai seorang biarawan.

Peironela menyelenggarakan pesta pernikahannya dengan Ramon Berenguer di awal tahun 1151, ketika ia hampir berusia 15 tahun. mereka dikaruniakan 5 orang anak :

* Pero dari Aragon (lahir 4 Mei 1152 - mati muda)
* Alifonso II (Maret 1157 - 25 April 1196), menikah dengan Sancha dari Kastilia, yang darinya ia memiliki keturunan.
* Ramon Berenguer (1158- 5 April 1181), wafat tanpa menikah.
* Dulcía (1160 - 1 September 1198), menikah dengan Raja Sancho I dari Portugal, yang dengannya ia memiliki keturunan.
* Sancho (1161- 1223), menikah pertama-tama dengan Ermensinda dari Rocaberti; dan kedua dengan Sancha Nunez de Lara, yang dengannya ia memiliki 1 putra dan 1 putri.

Tanda Tangan PeironelaSegera setelah kematian suaminya di tahun 1162, Peironela mengumumkan mahkota Aragon atas nama putranya yang tertua, Ramon Berenguer, yang dengan ucapan selamat pada rakyat Aragon, mengganti namanya menjadi Alifonso. Putranya adalah pemimpin pertama Aragon dan Katalonia (tempat ia dikenal sebagai Alfons I) dengan ini membangun pertalian dinasti antara 2 negara yang berlangsung sampai dengan Mahkota Aragon dihapuskan pada tahun 1707. Kedua negara tetap sebagian besar terpisah sebagai daerah federal yang mempunyai sistem hukum dan pemerintahan tersendiri. Pemimpin menggunakan baik gelar Raja Aragon dan Adipati Barcelona. Alifonso II berusia 7 tahun ketika pada tanggal 18 Juli 1164 Peironela mewarisi tahtanya. Ia mangkat dan dimakamkan di Katedral Barcelona. Akan tetapi makamnya sudah menghilang sekarang.
Anda sedang membaca Artikel tentang Tokoh Ratu Peironela Dari Aragon, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...